Digital Media Online

Secara Resmi Diklat Peningkatan Kompetensi Sekdes Ditutup

0
Pj Bupati Tegal Ir. Satriyo Hidayat menyalami sekdes peserta diklat.
Pj Bupati Tegal Ir. Satriyo Hidayat menyalami sekdes peserta diklat.

INFOPANTURA.COM – Tegal – Usai dididik selama 14 hari efektif mulai 12-27 November 2013 dengan waktu pendidikan selama 144 jam di Kampus Politeknik Keselamatan Jalan Tegal, maka Pendidikan dan Pelatihan Peningkatan Kompetensi Sekretaris Desa (Sekdes) bagi 40 Sekdes di Kabupaten Tegal, resmi ditutup, rabu (27/11/2013) kemarin.

Kepala BKD Kabupaten Tegal Retno Suprobowati, SH. MM mengatakan, tujuan kegiatan ini adalah sebagai tindak lanjut PP No 45/2007 tentang Persyaratan dan Tata Cara Pengangkatan Sekdes menjadi PNS dan PP No 72/ 2005 tentang Desa.

“ Diklat Peningkatan Kompetensi Sekdes ini bertujuan untuk memenuhi persyaratan sekaligus kompetensi Sekdes yang telah diangkat menjadi PNS,’’ Paparnya.

Dari 40 peserta diklat, sebanyak 39 orang dinyatakan berhasil karena telah mengikuti seluruh rangkaian pelatihan dnegan baik, dan 1 (satu) orang dinyatakan gugur yaitu Sdr. Soleh Sekdes Kesamiran Kecamatan Tarub karena sakit, sehingga tidak dapat mengikuti materi atau tidak memenuhi ketentuan jumlah penerimaan materi dan tingkat kehadiran yang harus diikuti peserta.

Secara umum pelaksanaan Diklat Peningkatan Kompetensi Sekdes telah berjalan dengan baik dan lancar, mulai dari penerimaan peserta, pemberian materi oleh narasumber sampai dengan acara penutupan yang kami laksanakan.

Sekdes yang mendapat nilai predikat terbaik 5 (lima) besar terdiri dari Sdr. Edy Pranoto (Balapulang Wetan Kec. Balapulang), Puji Herwanti (Margapadang Kec. Tarub), Samsudin (Jejeg Kec. Bumijawa), Iskanto (Margaayu Kec. Margasari) dan Ali Asikin (Banjarturi Kec. Warureja).

Pj. Bupati Tegal Ir. Satriyo Hidayat mengatakan Sekdes merupakan unsur utama peningkatan SDM aparatur yang memiliki peranan sangat strategis dalam menentukan keberhasilan penyelenggaraan pemerintahan dan pembangunan di Desa.

Pendidikan dan Pelatihan Peningkatan Kompetensi Sekdes, lanjut Satriyo adalah langkah yang dilaksanakan pemerintah dalam pembentukan sikap dan peningkatan SDM aparatur Sekdes.

“ Saya harap melalui diklat ini, sekdes dapat mengalami perubahan aspek sikap, tingkah laku, mental dan semangat penabdian,” Harapnya.

Ditambahkan, Kompetensi kemampuan manajerial serta kepempimpinan, menuju peningkatan kualitas ke arah yang lebih baik, merupakan hal yang menjadi sangat penting karena beban berat tugas dan tanggungjawab sekdes sebagai abdi negara dan abdi masyarakat.

Acara penutupan dihadiri oleh Pj. Bupati Tegal, Kepala Badan Diklat Prov Jateng, Komandan Kodim 0712 Tegal, Direktur Teknik Keselamatan Transportasi Jalan Tegal, dan para Widyaiswara.(ahmad@infopantura.com)

Leave A Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.