Digital Media Online

Peringatan Hari Pahlawan Sebagai Refleksi Keyakinan Jati Diri Bangsa

0
upacara 10 nop
INFOPANTURA.COM – SLAWI – Negara Kesatuan Republik Indonesia saat ini menjadi bangsa berdaulat dan terhormat bukan hadiah atau pemberian manapun, tapi melalui proses perjuangan yang sangat panjang, heroik yang disertai dengan pengorbanan yang luar biasa dari pejuang dan para pahlawan pendahulu.

Ini disampaikan Pj. Bupati Tegal Ir. Satriyo Hidayat saat membacakan sambutan tertulis Menteri Sosial Republik Indonesia pada Peringatan Hari Pahlawan di Halaman Pemkab Tegal, Minggu (10/11).

” Kita harus memaknai peringatan hari Pahlawan bukan hanya sekedar ungkapan rasa syukur kepada Allah Yang Maha Esa, tapi sekaligus sebagai refleksi terhadap keyakinan jati diri bangsa yang bermartabat diinspirasi oleh para pejuang yang telah gugur di medan laga,” Ujar Bupati Tegal.
Kita menyadari bahwa dinamika perubahan yang berkembang dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara saat ini masih menyisakan berbagai permasalahan. Permasalahan itu berupa kemiskinan, ketelantaran, pengangguran, korban Bencana, konflik antar warga dan masalah lain yang dapat mengganggu kelangsungan keharmonisan berbangsa dan bernegara di semua aspek.
” Untuk mengatasi persoalan diatas kita harus bahu membahu dan bersama-sama melakukan segala upaya agar impian dan harapan menjadi negara Indonesia yang berdaulat, adil, makmur dan sejahtera dapat menjadi kenyataan,” Terangnya.
Disamping itu ungkap Pj. Bupati Tegal, modal sosial yang harus kita perkuat dengan cara menjaga jati diri sebagai bangsa yang hebat untuk membangun negeri yang lebih kuat, kokoh dan harmonis didalam bingkai NKRI.
Dirinya berharap agar semangat kepahlawanan dan kejuangan yang direpresentasikan dalam bentuk cinta tanah air, pantang menyerah , peduli dan berbagi serta toleransi harus menjadi sumber motivasi untuk mengatasi berbagai tantangan dalam menyelesaikan semua masalah yang dihadapi diwaktu kini dan mendatang.

Peringatan Hari Pahlawan 10 November 2013 ini mengambil tema “Pahlawanku Idolaku”. Peringatan Hari Pahlawan di Kabupaten Tegal selain di hadiri Forkompinda, juga dihadiri kepala Dinas, Badan dilingkungan Pemkab Tegal, pejabat eselon III dan IV, TNI, Polri , PNS, tokoh masyarakat, tokoh agama, para Veteran serta generasi muda. Seusai upacara dilanjutkan dengan Peresmian Taman Makam Pahlawan Pura Kusuma Persada Kabupaten Tegal.(ahmad@infopantura.com)

Leave A Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.