Digital Media Online

Gerakan Penanaman Satu Milyar Pohon Digalakan Pemkab Tegal

0
Asisten II Sekda Serahkan Bibit pada HMPI dan BMN Tk Kab Tegal
Asisten II Sekda Serahkan Bibit pada HMPI dan BMN Tk Kab Tegal

INFOPANTURA.COM – Slawi – Peringatan Hari Menanam Pohon Indonesia (HMPI) dan Bulan Menanam Nasional (BMN) Tingkat Kabupaten Tegal di selenggarakan, Kamis (28/11/2013) di Desa Lebakwangi Kecamatan Jatinegara dengan mengambil tema “Wariskan Hutan Yang Lebih Baik Untuk Generasi Penerus Bangsa”. Acara dihadiri Pj. Bupati Tegal yang diwakili Asisten II Sekda, Forkompimda, TNI/Polri, Administratur KPH Pemalang, serta Masyarakat sekitar.

Pj. Bupati Tegal melalui Asisten Adminsitrasi Pembangunan Sekda Ir. Toto Subandriyo, MM mengatakan, gerakan penanaman satu milyar pohon merupakan upaya nyata yang harus berhasil menanam sekurang-kurangnya satu milyar pohon di seluruh Indonesia termasuk di Kabupaten Tegal. Tujuan kegiatan ini antara lain guna menambah tutupan lahan dan hutan guna mencegah banjir di musim hujan, menyerap karbondioksida akibat mitigasi perubahan iklim serta penyediaan bahan baku industri pengolahan kayu.

Pihaknya mengajak kepada seluruh masyarakat di Kabupaten Tegal dengan sungguh-sungguh mengelola hutan dan lahan secara lestari, diprioritaskan terhadap perlindungan dan rehabilitasi sumberdaya hutan dan lahan untuk kemakmuran rakyat yang sebesar-besarnya serta berkeadilan. Dengan semakin meningkatnya kesadaran masyarakat untuk menanam pohon akan terwujud budaya menanam pohon sebagai bagian dari kehidupan sosial bangsa Indonesia khususnya masyarakat Kabupaten Tegal. Karena penanaman pohon secara nyata memberikan kontribusi tidak hanya untuk menurunkan tingkat emisi gas rumah kaca akan tetapi juga berperan mencegah terjadinya bencana alam banjir, tanah longsor pada musim penghujan serta mencegah terjadinya kebakaran dan kekeringan pada musim kemarau, selain itu juga berdampak langsung meningkatkan kesejahteraan masyarakat utamanya bagi masyarakat di sekitarnya.

Kepala Dinas Tanbunhut Kab Tegal Ir. Khofifah, MM dalam laporannya mengatakan, maksud kegiatan pencanangan HMPI dan BMN adalah untuk meningkatkan kepedulian seluruh komponen bangsa akan pentingnya fungsi pohon untuk penurunan emisi gas rumah kaca dan untuk melakukan penanaman dan pemeliharaan pohon secara berkelanjutan untuk merehabilitasi hutan dan lahan.

Untuk mendukung kegiatan ini, Dinas Tanbunhut menyediakan bibit luar kawasan hutan untuk kebun bibit rakyat sebanyak 1.360.000 batang, dari DAK Kehutanan sebanyak 128.975 batang, dan dari Dinas Kehutanan Prov jateng 13.000 batang, terdiri dari sengon, jati, pinus, eucalypthus, mahoni, jabon, cemara laut, aren, karet dan beringin. Sedangkan untuk bibit dalam kawasan hutan berasal dari KPH Balapulang, KPH Pekalongan Barat dan KPH Pemalang sebanyak 1.335.879 batang berupa :  jati, pinus, mahoni, rimba campur, kesambi dan karet.

Pada kesempatan tersebut, Pj. Bupati melalui Asisten II Sekda menyerahkan Bantuan prasarana pengamanan kebakaran berupa : baju, sepatu boot, helm, dan masker yang diberikan kepada KPH Pemalang, KPH Pekalongan Barat, dan KPH Balapulang. Kemudian, juga diserahkan Bantuan kepada Gapoktan Lestari Mulya Desa Blubuk Dukuhwaru berupa 5 (lima) Unit Alat Pemipil Jagung, Bantuan mesin Tanam Padi kepada Kelompok Tani Sidamulya Lebaksiu, Bantuan Motor Roda 3 untuk Bina Melati Desa Kramat dan Kelompok Tani Lumayan Desa Luwijawa Jatinegara. Sedangkan penerima Motor Roda 3 Kegiatan Pasca Panen Pepaya adalah kelompok Tani Sibangkong Desa Dukuhsalam Slawi dan Kelompok Tani Mulya II Desa Balaradin Lebaksiu.(ahmad@nfopantura.com).

Leave A Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.