Digital Media Online

FPIK UPS Tegal Menggelar Seminar Internasional Selama 2 Hari

0
Peserta seminar internasional 2013 Blue Economy menyimak materi yang disampaikan
Peserta seminar internasional 2013 Blue Economy menyimak materi yang disampaikan
Peserta seminar internasional 2013 Blue Economy menyimak materi yang disampaikan
Peserta seminar internasional 2013 Blue Economy menyimak materi yang disampaikan

INFOPANTURA.COM – Kota Tegal – Perkembangan industri kelautan dan perikanan didunia yang terjadi belakangan ini mengarah pada era globalisasi dan perdagangan bebas. Hal ini menyebabkan perubahan yang cepat dan memberikan pengaruh luas dalam perekonomian internasional yang berdampak pada tingkat daya saing yang tinggi.

Konsep blue economy disektor kelautan dan perikanan merupakan sebuah konsep yang bertujuan menghasilkan pertumbuhan ekonomi sekaligus menjamin kelestarian sumberdaya serta lingkungan pesisir dan lautan.

Fakultas Perikanan Dan Ilmu Kelautan (FPIK) Universitas Pancasakti Tegal bekerjasama dengan Dinas Kelautan Dan Pertanian Pemkot Tegal, Balai Pendidikan Dan Pelatihan Perikanan (BPPP) Tegal Dan Pangkalan TNI Angkatan Laut Tegal menggelar Seminar Internasional selama 2 hari, Selasa-Rabu (26-27/11/2013) di Hotel Karlita Kota Tegal.

Ketua panitia acara Kusnandar mengatakan, Seminar ini diikuti oleh peserta diantaranya Forkominda Kota Tegal, SKPD Kota Tegal, Peneliti dan Akademis (Dosen) dari Lampung, Jawa dan Bali, Perwakilan Guru, Penyuluh dan tokoh masyarakat.

“ Dengan adanya seminar ini peserta akan mendapat informasi terkini tentang permasalahan industrialisasi kelautan dan perikanan, menghimpun gagasan dan strategi yang berbasis blue economy serta mengembangkan jejaring antara perguruan tinggi, pemerintah, swasta dan masyarakat pengelola sumberdaya kelautan perikanan,” Ujar Kusnandar yang juga sebagai Dekan FPIK UPS Tegal.

Rektor UPS Tegal Prof DR Wahyono, SH, MS saat dikonfirmasi mengatakan, pihaknya menginginkan agar produk-produk perikanan dan kelautan di wilayah Kota Tegal bisa go Internasional tentunya dengan melalui blue economy concept. Budidaya rumput laut selama ini juga sudah berjalan dan banyak permintaan dari wilayah Jawa Timur seperti Macitan, Kendal hingga Indramayu.

“ Namun untuk wilayah sumatera dan kalimantan kita akan terus upayakan. Tentunya hal ini datang dari fakultas perikanan UPS Tegal,” Terangnya.

Dikatakan Rektor, Dalam hal ini partisipasi posdaya sangatlah besar untuk membangun ekonomi kerakyatan. Dukungan Yayasan Damandiri dan Pemkot Tegal juga berpengaruh pada budidaya rumput laut sehingga bisa dipasarkan keluar wilayah.

Tema Seminar Internasional yakni Konsep Blue Economy Dalam Industri Kelautan dan Perikanan dengan menghadirkan keynote speaker yakni Dr. I Gede Nyoman Suyasa, Prof Dr Haryono Suyono, H. Ikmal Jaya SE.Ak, Kingkin Suroso, SE, Prof Dr Daniel Joko Setianto, Prof dr Yoshifumi Azuma, Dr Anton Lucas, Dr Ali Supardan, M Sc, Ricard Stanford dan Jae Won Lee.(ahmad@infopantura.com)

Leave A Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.