Digital Media Online

Donor Darah Dapat Beras

0
ilustrasi
ilustrasi

INFOPANTURA.COM- Tegal – Ada yang tak biasa pada pelaksanaan kegiatan donor darah di kampus Universitas Pancasakti Tegal (UPS) Kamis (21/11). Para pendonor yang biasanya  hanya mendapatkan mie instan, Vitamin, Susu dan makanan ringan juga mendapatkan beras sebanyak 5 Kg. Para pendonor pun kaget sekaligus merasa senang.

Direktur Unit Donor Darah (UDD) PMI Kota Tegal dr Hadi Gunawan saat dikonfirmasi membenarkan hal tersebut. Ia mengatakan beras yang diberikan kepada para pendonor tersebut merupakan bantuan dari salah satu bank nasional. Bank tersebut menggelontorkan sejumlah beras melalui PMI di seluruh Indonesia.

” Untuk disini kami mendapatkan sekitar 400 kantong masing-masing berisi 5Kg beras. Program tersebut sebenarnya dilaksanakan sampai dengan 31 Oktober 2013. Namun sampai dengan hari ini masih ada sisa jadi kami tetap memberikannya,” terangnya.

Hadi menegaskan jika stok beras tersebut sudah habis, maka PMI juga tidak akan memberikan beras tersebut kepada pendonor. Ini sekaligus memberikan informasi kepada masyarakat bahwa pihaknya tidak pernah memberikan beras kepada pendonor. PMI hanya menyalurkan bantuan tersebut karena ada yang menggelontorkan.

” Kami hanya memberikan yang proporsional saja kepada pendonor seperti susu, mie, vitamin dan makanan ringan. Namun kami membuka tangan kepada siapapun yang ingin memberikan bantuan kepada masyarakat melalui kam,”katanya.

Meski demikian ternyata pemberian beras disambut baik oleh para pendonor. Bahkan mereka tidak pernah menduga sebelumnya akan mendapatkannya. Seperti yang disampaikan Yuli salah seorang mahasiswa yang turut mendonorkan darahnya. Menurutnya ia sudah rutin menyumbangkan darahnya, namun baru kali ini ia mendapatkan beras.

Awalnya niat saya ya donor seperti biasa, tapi usai donor ternyata dikasih beras. Yah, lumayan buat makan dirumah,”katanya.

Yuli sendiri berharap jika memungkinkan kedepan ada pemberian lainnya selain makanan yang biasa diberikan kepada pendonor.

Hal itu dimaksudkan untuk memotivasi masyarakat agar mau mendonorkan darahnya, tapi jangan sampai berdonor karena imbalan.

Terkait kegiatan donor, Komandan KSR PMI Unit UPS Tegal Dhani mengatakan hal itu merupakan agenda rutin pihaknya. Pada penyelenggaraan kali ini pihaknya merasakan cukup puas. ” Kami sangat puas, kali ini darah yang diperoleh berjumlah 92 kantong. Jumlah tersebut melebihi target yang hanya 80 kantong,” katanya.[teguh@infopantura.com]

Leave A Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.