Digital Media Online

Trend Golput Cenderung Meningkat

0
 sosial politik

INFOPANTURA.COM – Brebes – Sebagian masyarakat Indonesia, memiliki pandangan negatif terhadap Politik. Akibatnya banyak dari mereka yang memilih tidak menggunakan hak pilihnya alias golput. Kondisi tersebut sangat mempengaruhi menurunnya Angka Partisipasi masyarakat dalam Pemilihan umum terutama Kabupaten Brebes.

Demikiaan disampaikan Wakil Bupati Brebes Narjo saat membacakan sambutan Bupati Brebes dalam acara pengendalian stabilitas politik diwilayah Kabupaten Brebes Jawa Tengah. Kegiatan  diselenggarakan Kantor Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) Rabu (30/10) pagi tadi di gedung Korpri.

Menurutnya, saat ini tercatat jumlah pemilih yang memutuskan tidak menggunakan hak suaranya cenderung meningkat. Mulai  dari Pemilukada, Presiden, Gubernur hingga legislatif tahun 2009 lalu. “ Banyak faktor yang melingkupinya mungkin karena pengalaman buruk atau pengaruh yang lain,”ungkapnya.

Oleh sebab itu, menurut Narjo, seminar-seminar, diskusi publik, sosialisasi hingga diseminasi berbagai peraturan ataupun perkembangan kesadaran berpolitik semacam ini perlu dilaksanakan secara rutin. Tentunya dengan harapan agar masyarakat dapat memaksimalkan fungsi politiknya.

Sementara itu kepala kantor Kesbangpol mengatakan maksud dilaksanakan kegiatan kali ini sebagai upaya untuk memberikan kesadaran berpolitik kepada masyaraka. Hal itu dilakukan agar wilayahnya bisa memiliki iklim  yang kondusif dalam menyongsong hajat besar yang akan dilaksanakan oleh pemerintah ditahun 2014 mendatang. “ Yaitu pemilihan legislatif dan pemilihan presiden dan wakil presiden yang diharapkan berjalan lancar,” tandasnya.

Sementara itu, acara yang diselenggarakan di gedung korpri brebes tersebut menghadirkan berbagai unsur nara sumber diantaranya unsur ketua dprd kabupaten brebes, unsur kejaksaan negri , unsur pengadilan negeri, unsur tni, serta unsur polri yang kesemuanya menyajikan paparan tentang bagaimana peran masing masing dalam upaya  menjaga stabilitas politik.(teguh@infopantura.com

Leave A Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.