Digital Media Online

Kuota 30 Persen Jangan Meninabobokan Perempuan

0

BREBES KAUKUS PEREMPUAN

INFOPANTURA.COM – Brebes – Dalam segala bidang, kaum perempuan dituntut untuk berperan aktif, termasuk dalam bidang politik. Sehingga kebijakan politik bisa berpihak kepada perempuan.  Demikian disampaikan Ketua Kaukus Perempuan Politik Indonesia (KPPI) Provinsi Jateng Hj Farida Rahmah SAg saat menjadi pembicara pada fasilitasi pembentukan kaukus politik perempuan. Kegiatam digelar  di Gedung Wanita Jalan Ahmad Yani Brebes, Senin (28/10) lalu.

“Perempuan jangan sampai lemah, apalagi tidak mampu berperan,” ucap Farida Rahmah mengingatkan.

Farida menegaskan kuota 30 persen untuk perempuan, jangan cuma untuk meninabobokan. Ataupun membuat kesenangan tanpa memberikan warna yang dalam dunia politik.

Hal senada disampaikan Kepala Bidang Pengarusutamaan Gender dan Kualitas Hidup Perempuan (Kabid PUG&KHP), Badan Keluarga Berencana dan Pemberdayaan Perempuan   (BKBPP) Kabupaten  Brebes Dra Hj Farikha. Dia berharap perempuan harus menjadi ordinat yang mampu berperan.

Menjelang Pemilu 2014, lanjutnya. Calon legislatif perempuan di Kabupaten Brebes cukup baik jika dilihat dari tingkat partisipasi perempuan. Namun, mereka perlu mempunyai kemampuan dan keterampilan. “Bagaimanapun kaum perempuan, agar perjuangan politiknya mengintegrasikan pengarusutamaan gender dan pembangunan nanti bisa dijalurkan di pemerintahan. Partisipasi perempan dalam pemenuhan hak partisipasi pengambilan kebijakan, dan hak berpendapat di legislatif,” tandasnya.

Dalam kesempatan tersebut, juga dibentuk KPPI Kabupaten Brebes. Dengan harapan bisa menjadi wadah untuk mematangkan diri dan kapabilitas dan elektabilitas. Terpilih sebagai ketua Hj Siti Mazkiyah MMKes (Partai Golkar), Sekretaris, Erin Yulia (PAN) dan Bendahara Waraskahyanti (PDIP).

Kegiatan ini dihadiri oleh sejumlah politisi perempuan dari lintas partai dan beberapa pengurus Gabungan Organisasi Wanita (GOW) Kabupaten Brebes. (teguh@infopantura.com)

Leave A Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.