Digital Media Online

Tanah Bergerak Susulan di Dukuh Brak Bisa Terjadi

0 86
Ilustrasi
Ilustrasi

INFOPANTURA.COM – Brebes –Badan Geologi Kementerian Energi Sumber Daya Mineral, akhirnya mengeluarkan rekomendasi atas bencana tanah bergerak di Dukuh Brak, Desa Salem, Kecamatan Salem, Kabupaten Brebes, Jawa Tengah. Dalam rekomendasi itu menyatakan bahwa berdasarkan hasil penelitian lembaga tersebut, daerah itu masih sangat memungkinkan terjadinya gerakan tanah susulan, terutama saat hujan lebat yang berlangsung lama.

“Untuk itu, bagi masyarakat yang tinggal di lereng bagian atas harus mengungsi ke tempat aman,” ujar Asisten I Sekda Pemkab Brebes, H. Suprapto SH, Senin 29 April 2013.

Menurutnya, ada sebanyak 50 rumah dan 6 rumah yang terancam harus direlokasi serta 3 hektare kebun serta sawah rusak. Selain itu, untuk penanganan, jika lahan pemukiman penduduk dipertahankan, maka pertanian lahan basah harus diubah lahan kering atau palawija, dengan selingan tanaman yang berakar kuat.

“Surat dari Badan Geologi ini, kami juga mengetahui jika gerakan tanah sudah diawal sejak tahun 2006 lalu,” terangnya.

Untuk relokasi, kata Suprapto, warga akan menerima bantuan dana setimulan senilai Rp 10 juta/ rumah.  Dana bantuan itu, penggunannya diserahkan sepenuhnya pada penerima bantuan. Bagi yang belum memiliki tanah, bisa digunakan untuk membeli tanah.

“Saat ini warga memang masih mengungsi di rumah saudaranya,” tandasnya.

Diberitakan sebelumnya, Kepala Harian Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Brebes, Drs. H. Rais Khana mengatakan, Pemkab setempat menggandeng tim ahli dari Badan Geologi Nasional untuk melakukan pengkajian pergerakan tanah di lokasi. Termasuk pula untuk mendeteksi seberapa besar ancaman dari bencana ini.

Sebab, tidak menutup kemungkinan pedukuhan ini bisa seluruhnya terkena bencana tanah bergerak. BPBD mencatat, selain merusak puluhan rumah, bencana tanah bergerak juga merusak lahan produktif warga, serta sejumlah fasilitas umum. Salah satunya merusak bangunan sekolah. (beni@infopantura.com)

Leave A Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.