Ranjau Jangkar Aktif Peninggalan PD II Akan Diledakan | InfoPantura.com | Portal Berita Seputar Pantura
Wednesday, 10 February 2016
NEWS TICKER
Beredar Film Panas Artis »  Jatah 50 Kursi DPRD Jadi Rebutan Caleg »  Harga Tiket Bus Naik Selama Lebaran »  Pendaftaran Program Pascasarjana UPS Tegal Dibuka »  WORKSHOP BEDAH SKL UN IPA 2014 “Kesiapan Hadapi Ujian Nasional” »  PO Dedy Jaya, Hajikan Sopir Teladan »  PT. KAI Stop Operasional Kereta Tegal Express »  Komunitas Paper Replika Indonesia (Peri) Region Solo Gelar Pameran Aneka Jenis Paper Craft »  Banjir, Jalur Pantura Dialihkan »  Rengginang Singkong Ala Kersana »  Pelajar 2 Sekolah Terlibat Tawuran, Seorang Terluka Parah »  BEM UNS Solo Tanam 1.500 Pohon »  BMKG: Di Tegal suhu mencapai 34 Derajat Celcius Belum Termasuk Suhu Cuaca Ektreme »  Terlindas Truk Dum, Pengendara Motor Tewas Mengenaskan »  Pantura Terputus, Kiriman Paket Menumpuk »  Panwas Resmi Laporkan Dugaan Money Politik »  Penyembelih Hewan Betina Terancam Pidana »  Pria Asal Tegal Ciptakan Alat Hemat BBM »  Walikota Resmikan Gajahmada Cinema »  Banjir Ancam Jalur Pantura » 
 
Home » PANTURA HARI INI » Ranjau Jangkar Aktif Peninggalan PD II Akan Diledakan
PANTURA HARI INI

Ranjau Jangkar Aktif Peninggalan PD II Akan Diledakan

Wednesday, 16 January 2013 - 933 Views
Dan Lanal Tegal tengah memeriksa Kondisi Ranjau yang ditemukan

Dan Lanal Tegal tengah memeriksa Kondisi Ranjau yang ditemukan

INFOPANTURA.COM – Kota Tegal – Setelah melalui penyelidikan tim dari Arsenal dan Satuan Armada Timur (Armatim) TNI AL akhirnya disimpulkan ranjau yang ditemukan warga di Kabupaten Batang masih aktif. Hal itu dilihat dari kelengkapan sistem mekanik yang ada. Namun setelah melalui pertimbangan, jajaran Lanal Tegal berencana akan meledakan ranjau tersebut. Demikian ditegaskan Komandan Lanal Tegal Joko Triwanto usai memimpin upacara peringatan Hari Dharma Samudra di Mako Lanal Jl. Proklamasi Selasa ( 15/1/2013 ) kemarin.

Menurut Dan Lanal, setelah mendapatkan laporan penemuan ranjau jangkar tersebut pada pihaknya segera melakukan pengamanan lokasi dan melaporkannya ke Markas Komando Armatim. Dari sana dikirimkan petugas yang melakukan pemeriksaan selama sehari di lokasi pada Senin ( 14/1/2013 ). “ Dari hasil penyelidikan tim ranjau tersebut diidentifikasi merupakan peninggalan Perang Dunia ( PD ) II yang kemungkinan sengaja ditanam pada masa itu. Dan dari hasil penyelidikan memang disimpulkan masih aktif “ tegasnya.

Ranjau jangkar yang ditemukan warga

Ranjau jangkar yang ditemukan warga

Karena dikhawatirkan akan terjadi hal – hal yang tidak diinginkan, Dan Lanal memutuskan akan memusnahkan ranjau tersebut dengan cara diledakan di tengah laut dilokasi penemuan. Hal ini dikandung maksud untuk meminimalisir efek peledakan yang terjadi jika diledakan di pantai. Disamping itu jika peledakan dilakukan di Surabaya, lanjut Dan Lanal, akan sangat riskan. Hal ini disebabkan karena proses pemindahan dari lokasi ke Surabaya akan sangat beresiko.

“ Kami pastikan akan diledakan, namun hal itu akan menunggu tim yang lebih ahli untuk menentukan kedalaman yang tepat agar tidak banyak menyebabkan kerusakan. Tapi waktunya belum kami tentukan. Meski demikian kami akan memberikan masukan kepada atasan agar secepatnya melakukan pemusnahan. Karena jika dibiarkan akan sangat berbahaya “ imbuh Jotri begitu ia biasa disapa.

Ditambahkan, saat ini pihaknya melakukan pengamanan dengan mengikat ranjau dengan pohon, memberikan pagar. Hal ini dimaksudkan agar saat pasang nanti, ranjau tidak kembali hanyut ke laut. Selain itu, pihaknya juga bekerja sama dengan jajaran Polres, Dan Dim untuk melakukan pengamanan terhadap ranjau tersebut.

Untuk sekedar diketahui,  sebelumnya sejumlah media memberitakan warga desa Kasepuhan Denasri Kecamatan/Kabupaten Batang Jawa Tengah dibuat geger dengan penemuan ranjau aktif pada Sabtu ( 12/1/2013). Ranjau yang diduga peninggalan PD II itu sempat terombang – ambing dibawa gelombang laut di perairan Batang. (teguh@infopantura.com)

Related Post
RSPFM

Comment

Your email will not be displayed.

Page: /baca/pantura-hari-ini/2013/01/ranjau-jangkar-aktif-peninggalan-pd-ii-akan-diledakan/ :