Thursday, 28 July 2016
NEWS TICKER
Beredar Film Panas Artis »  Jatah 50 Kursi DPRD Jadi Rebutan Caleg »  Pendaftaran Program Pascasarjana UPS Tegal Dibuka »  Harga Tiket Bus Naik Selama Lebaran »  WORKSHOP BEDAH SKL UN IPA 2014 “Kesiapan Hadapi Ujian Nasional” »  PO Dedy Jaya, Hajikan Sopir Teladan »  Komunitas Paper Replika Indonesia (Peri) Region Solo Gelar Pameran Aneka Jenis Paper Craft »  Pelajar 2 Sekolah Terlibat Tawuran, Seorang Terluka Parah »  PT. KAI Stop Operasional Kereta Tegal Express »  Rengginang Singkong Ala Kersana »  Terlindas Truk Dum, Pengendara Motor Tewas Mengenaskan »  Banjir, Jalur Pantura Dialihkan »  Penyembelih Hewan Betina Terancam Pidana »  BMKG: Di Tegal suhu mencapai 34 Derajat Celcius Belum Termasuk Suhu Cuaca Ektreme »  BEM UNS Solo Tanam 1.500 Pohon »  Pantura Terputus, Kiriman Paket Menumpuk »  Panwas Resmi Laporkan Dugaan Money Politik »  Walikota Resmikan Gajahmada Cinema »  Pria Asal Tegal Ciptakan Alat Hemat BBM »  Manjakan Pengunjung, Satwa Ular Terbesar Se Jateng Bakal Dihadirkan » 
 
Home » Ekonomi » Harga Bibit Bawang Merah Naik
EKONOMI

Harga Bibit Bawang Merah Naik

Tuesday, 8 January 2013 - 821 Views
Musim panen sebelumnya para petani mengalami gagal panen yang disebabkan faktor cuaca

Musim panen sebelumnya para petani mengalami gagal panen yang disebabkan faktor cuaca

INFOPANTURA.COM – Brebes – Harga bibit bawang merah di Brebes, Jawa Tengah, pada musim tanam kali ini melonjak tajam. Bahkan, kenaikannya mencapai tiga kali lipat, harga bibit yang semula hanya Rp 5.000 perkilogram kini menembus Rp 15.000 perkilogram.

Kelangkaan bibit bawang merah diDesa Kelapa Sawit, Kecamatan Brebes, Kabupaten Brebes, sudah terjadi sejak tujuh hari yang lalu. Hal ini disebabkan pada saat ini sedang musim penghujan yang mengakibatkan banjir di beberapa daerah di Kabupaten Brebes. Sehingga pada musim panen sebelumnya para petani mengalami gagal panen yang disebabkan faktor cuaca.

Tajuri, petani bawang asal Desa setempat mengatakan, kenaikan harga bibit itu dipicu karena stok di pasaran langka. Sementara permintaan dari petani tinggi karena sedang musim tanam. akibatnya, petani kesulitan mendapatkan bibit.

“Sejak 1 minggu terakhir ini harga bibit terus naik, dan kini sudah mencapai Rp 15.000 perkilogram dari semula hanya Rp 5.000 perkilogram,”katanya.

lebih lanjut Tajuri mengungkapkan, kelangkaan bibit saat ini terjadi karena petani tidak bisa menyetok dari hasil panen sebelumnya. Sebab, pada musim tanam sebelumnya banyak lahan yang gagal panen akibat banjir.

“Jika para petani bisa menyetok bibit sendiri, mereka tidak kesulitan dan harga bibit saat ini tidak melonjak seperti sekarang,” ungkapnya. ( beni@infopantura.com)

Related Post

Comment

Your email will not be displayed.

Page: /baca/pantura-hari-ini/2013/01/harga-bibit-bawang-merah-naik/ :