Friday, 27 May 2016
NEWS TICKER
Beredar Film Panas Artis »  Jatah 50 Kursi DPRD Jadi Rebutan Caleg »  Pendaftaran Program Pascasarjana UPS Tegal Dibuka »  Harga Tiket Bus Naik Selama Lebaran »  WORKSHOP BEDAH SKL UN IPA 2014 “Kesiapan Hadapi Ujian Nasional” »  PO Dedy Jaya, Hajikan Sopir Teladan »  Komunitas Paper Replika Indonesia (Peri) Region Solo Gelar Pameran Aneka Jenis Paper Craft »  PT. KAI Stop Operasional Kereta Tegal Express »  Pelajar 2 Sekolah Terlibat Tawuran, Seorang Terluka Parah »  Banjir, Jalur Pantura Dialihkan »  Rengginang Singkong Ala Kersana »  Terlindas Truk Dum, Pengendara Motor Tewas Mengenaskan »  Penyembelih Hewan Betina Terancam Pidana »  BMKG: Di Tegal suhu mencapai 34 Derajat Celcius Belum Termasuk Suhu Cuaca Ektreme »  BEM UNS Solo Tanam 1.500 Pohon »  Pantura Terputus, Kiriman Paket Menumpuk »  Panwas Resmi Laporkan Dugaan Money Politik »  Pria Asal Tegal Ciptakan Alat Hemat BBM »  Walikota Resmikan Gajahmada Cinema »  Banjir Ancam Jalur Pantura » 
 
Home » Index » Posyandu Minim Sarpras, Pemkot Janji Akomodir Dalam Ubahan
INDEX

Posyandu Minim Sarpras, Pemkot Janji Akomodir Dalam Ubahan

Tuesday, 13 November 2012 - 582 Views

Posyandu Lansia masih menjadi satu dengan posyandu balita

INFOPANTURA.COM – Kota Tegal – Posyandu di Kota Tegal masih minim Sarana prasarana (sarpras). Dari 105 posyandu baik balita muapun orang lanjut usia (lansia), 30 persennya masih kekurangan. Namun Pemkot Tegal berjanji, kebutuhan sarpras bakal diakomodir dalam ubahan anggaran 2013.

Wakil Walikota Tegal Habib Ali Zaenal Abidin saat meninjau langsung kondisi posyandu lansia di RW 10 di perumahan sub inti martoloyo kelurahan Panggung belum lama ini. Dari tinjauan ini, didapatkan posyandu lansia masih menjadi satu dengan posyandu balita dan ibu hamil. Hanya dalam operasional kegiatan dibedakan waktu jam pelayanannya.

Selain itu, dari usulan yang disampaikan para kader adalah mengenai sarana membelair dan alat kesehatan edukatif. Sarana prasarana ini menurut habib ali sangat dibutuhkan posyandu dalam melakukan pelayanan.

Habib Ali menegaskan dari 105 posyandu yang ada di Kota Tegal, 30 persennya memang masih minim sarpras. Oleh karena itu, pihaknya berjanji akan memenuhi kebutuhan sarpras posyandu pada ubahan APBD Kota Tegal tahun 2013.

“ Tidak hanya itu kami juga sedang mengumpulkan data terkait permasalaan lansia. Sebab pada tanggal 26 novmber 2012, Komda lansia Kota Tegal akan menjadi narasumber dalam Rapat Koordinasi Daerah (Rakorda) penanganan lansia di Jawa Tengah dan juga di Rakornas lansia” ungkap Wakil Walikota yang juga ketua Komda Lansia.

Terpilihanya Komda Lansia Kota Tegal sebagai pemateri dalam Rakorda dan Rakornas menurut Habib Ali dikarenakan Kota Tegal sangat intens dalam penanganan masalah lansia, walaupun pihaknya mengakui anggaran untuk Komda Lansia belum memenuhi standar.

“ Namun dirinya memiliki komitmen, penanganan lansia merupakan  bagian dari pelaksanaan Tegal Sehat 2010 “ katanya.

Tidak hanya itu, Habib juga meminta kepada lembaga yang menyelenggarakan pelayanan publik atau umum seperti , rumah sakit, perbankkan atau Kantor Pos agar menyediakan tempat pelayanan khusus bagi lansia. Di Kota Tegal sendiri, baru satu puskesmas yang mendapatkan penghargaan sebagai Puskemas santun lansia yakni Puskesmas Rawat Inap Margadana.

Sementara Kabib Kesehatan Lingkungan Dinas Kesehatan Kota Tegal Yuli Prasetya membenarkan bahwa posyandu di kota tegal masih membutuhkan sarpras seperti membelair dan Alat Kesehatan Edukatif (AKE). Tetapi menurut Yuli, untuk alat kesehatannya memang menjadi urusan kewenangan Dinas Kesehatan. Sedangkan untuk kebutuhan membelair menjadi kewenangan Badan Pemberdayaan Masyarakat,Perempuan dan Keluarga Berencana (BPMPKB) Kota Tegal.

Sementara jumlah lansia menurut yuli di Kota Tegal saat ini mencapai lebih kurang 18 ribu orang. dari jumlah ini hanya 4 ribu orang saja yang aktif melakukan pemeriksaan kesehatan secara rutin. sedangkan jumlah kader baik kader posyandu maupun lansia, berjumlah 350 orang.(teguh@infopantura.com)

Related Post

Comment

Your email will not be displayed.

Page: /baca/pantura-hari-ini/2012/11/posyandu-minim-sarpras-pemkot-janji-akomodir-dalam-ubahan/ :