Digital Media Online

Lurah dan Camat Studi Banding Pelimpahan Kewenangan ke Cirebon

0 58
Lurah dan Camat Studi Banding Pelimpahan Kewenangan ke Cirebon

INFOPANTURA.COM – CIREBON – Pelimpahan sebagian urusan pemerintahan yang menjadi kewenangan Walikota kepada Camat dan Lurah segera diaplikasikan di Kota Tegal. Saat ini Pemerintah Kota (Pemkot) Tegal sedang menggodog Peraturan Walikota (Perwal) yang mengatur hal tersebut. Agar menghasilkan Perwal yang baik, 27 Lurah dan 4 Camat melakukan studi banding ke Kota Cirebon Jumat (2/11) kemarin.

“Karena Cirebon sudah ada Peraturan Walikotanya dan sudah diaplikasikan. Sedangkan di Kota Tegal baru tataran konsep,” ungkap Assisten I Setda Kota Tegal Imam Subardiyanto SH usai dialog dengan Kepala SKPD Kota Cirebon di Ruang Rapat Balaikota Cirebon. Rombongan diterima Kepala Bagian Tata Pemerintahan dan Kesejahteraan Sosial Kota Tegal Drs H Aman Surahman MSi didampingi Camat dan Lurah.
Menurut Imam, setelah melakukan studi banding mengenai pelimpahan sebagian urusan pemerintah yang menjadi kewenangan Walikota, pihaknya akan melakukan koordinasikan untuk memperbaiki konsep Perwal Kota Tegal.
“Yang jelas ada penambahan. Di Cirebon luas sekali urusannya. Dalam arti di Cirebon diperinci menjadi 26 urusan wajib yang diperinci kembali dan 6 urusan pilihan yang juga diperinci kembali,” jelas Imam.
Namun menurut Imam, tidak serta merta Kota Tegal akan melaksanakan pelimpahan kewenangan walikota kepada Lurah dan Camat. Pelaksanaan tersebut akan dipertimbangkan dengan kondisi dan situasi di Kota Tegal dan sesuai dengan koridor peraturan yang berlaku.
Selain itu, Imam mengatakan kesiapan Kecamatan dan Kelurahan untuk melaksanakan Perwal tersebut sangat dibutuhkan.  Baik dari segi kuantitas dan kualitas SDM maupun dari sarana dan prasarananya.
“Oleh karena itu perlu langkah-langkah koordinasi semua aspek sehingga dapat diketahui peraturan ini dapat diaplikasikan atau tidak. Baik aspek kepegawaian, aspek keuangan dan aspek kemampuan SDM,” jelas Imam.
Pelimpahan sebagian urusan pemerintahan yang menjadi kewenangan kabupaten/kota kepada Lurah berdasarkan Peraturan Menteri Dalam Negeri Nomor 36 Tahun 2007. Sementara di Kota Cirebon telah memiliki Perwal No 36 tahun 2011 mengenai pelimpahan sebagian urusan pemerintah dari walikota kepada camat dan lurah.
Selain telah memiliki Perwal tersebut, dipilihnya Kota Cirebon sebagai tujuan studi banding, karena kondisi Kota Cirebon hampir sama dengan Kota Tegal. Dengan luas yang hampir sama, Kota Cirebon memiliki 5 kecamatan dan 22 kelurahan dengan luas 37,35 km persegi sedangkan Kota Tegal memiliki 4 kecamatan dan 27 kelurahan dengan luas 39,5 km persegi.(HumasKotaTegal)

Leave A Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.