Digital Media Online

Rumah Baca ‘Onah Sakila Kerti ‘ Turut Andil Dalam Mencerdaskan Bangsa

0 8

INFOPANTURA.COM (TEGAL) – Rumah baca ‘Onah Sakila Kerti’ di Jalan Pulo Rote Nomor 21, RT 13/09, Kelurahan Panggung, Kecamatan Tegal Timur, Kota Tegal, Jawa Tengah, perlahan tapi pasti, mulai didatangi warga sekitar untuk membaca berbagai bacaan mulai dari koran, majalah maupun buku bacaan lainnya.

Pengelola rumah baca ‘Onah Sakila Kerti’, Darkonah yang juga ketua RT 13 menuturkan tujuan mendirikan rumah baca (umah baca) di rumahnya, untuk memberikan layanan baca kepada warga sekitar. Selain itu untuk melayani warga yang putus sekolah agar bersedia sekolah lagi dan rajin membaca sehingga tidak buta hurup.  Selain itu memberikan ketrampilan wirausaha kepada warga sekitar agar bisa berwira usaha. .

“Saya ingin warga sekitar saya, menjadi gemar membaca entah bacaan apa saja, ada Koran, cerpen, buku pelajaraan ataupun buku bacaan lainnya,” kata Darkonah, Minggu 21 Februari 2021.

Selain rumahnya dijadikan rumah baca, Darkonah yang juga Ketua RT 13 mengajak warganya untuk membuat ketrampilan wirausaha, yang bisa mendatangkan uang. “Saya mengajak warga untuk membuat sesuatu yang bisa dijual sehingga mendatangkan uang.

“Pokoknya ketrampilan apa saja, seprti membuat kue atau jajananya lainnya,” pungkas Darkonah. .

.     

Leave A Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.