Digital Media Online

Nadine Berbagai Pengalaman dengan Mahasiswa Psikologi

0

Nadien menyampaikan materi dengan santai dan gayeng serta diwarnai dengan game-game-01

 

INFOPANTURA.COM-KUDUS – Nadien Hoover Ph.D. dari Friend Peace Team Asia West Pacific-USA berbagi ilmu dan pengetahuan terkait bagaimana mengatasi gangguan stres bagi mahasiswa di Univeritas Muria Kudus (UMK), Minggu (10/1/2016).

Kegiatan itu dilaksanaka di di ruang VIP Gedung Rektorat dan diikuti oleh 30 mahasiswa Fakultas Psikologi. Nampak hadir dalam kesempatan itu, Dekan Fakultas Psikologi, Iranita Hervi Mahardayani S.Psi. M.Psi.

Kehadiran Nadien ini cukup menarik, apalagi dalam kegiatan ini, Nadien mengajak para peserta untuk aktif berdialog dan memberikan pandangan mengenai berbagai hal yang dibahas. ‘’Ada keterkaitan antara kedamaian, kenyamanan, dan pendidikan. Kita tidak bisa belajar kalau tidak nyaman, tidak aman,’’ katanya.

Untuk itu, menurutnya, diperlukan hidup yang tanpa kekerasan. Dia pun memaparkan peta Hidup Tanpa Kekerasan (HTK), antara lain meliputi  pentingnya saling mengenal antara satu sama lain, berkomunikasi yang baik, serta bekerja sama.

‘’Namun perlu ditekankan, perkenalan saja tidak cukup, tetapi perlu juga kesepakatan-kesepakatan,’’ ungkapnya dalam pelatihan yang semakin gayeng dengan game-game yang dilakukan secara bersama.

Adapun kesepakatan-kesepakatan yang dimaksud, antara lain memunculkan yang baik dari diri sendiri dan orang lain. ‘’Selain itu, jangan merendahkan diri atau orang lain, tidak bicara berbisik apalagi menggosip, dan menjaga diri, kelompok, lingkungan, dan alam sekitar,’’ paparnya.

Iranita berharap, mahasiswa bisa mendapatkan wawasan pengetahuan untuk mengelola stres dengan mengikuti pelatihan ini, apalagi Nadien ini sangat aplikatif keilmuannya. Ke depan, ilmu yang didapat bisa menerapkan pada diri sendiri dan orang lain.

‘’Ini penting, karena peserta ini nantinya akan menjadi psikolog. ‘’Tugas psikolog itu membantu mengatasi stres orang lain, tapi sebelum itu psikolog harus bisa mengelola stres-nya sendiri, sehingga benar-benar bisa membantu orang lain. Psikologi untuk saya dan anda,’’ ujarnya. (*)

Leave A Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.