Digital Media Online

Gempa 6,4 SR Guncang Kebumen

0 7
dampak gempa di tegal
dampak gempa di tegal

INFOPANTURA.COM – Kota Tegal –  Warga Kota Tegal Jawa Tengah dan sekitarnya merasakan gempa selama 30 detik. Sontak warga panik dan bergegas keluar dari rumah mereka. Meski demikian suasana masih tetap terkendali karena getaran pun berhenti.

 

Hampir disemua wilayah Kota Tegal warga merasakan kepanikan yang luar biasa akibat adanya getaran yang mirip gempa. Wilayah yang paling terasa getarannya ada di daerah Kelurahan Randugunting dan Pekauman. Sebagian warga sempat panic dan keluar dari rumah karena takut terjadi gempa lebih besar.

 

Seperti yang dirasakan Yusuf (33), yang saat itu berada di dalam kantor sebuah Partai Politik di Jalan Gajahmada Kelurahan Pekauman Kota Tegal. Ia menuturkan, saat ia tengah berbincang dengan rekannya di dalam kantor, ia merasakan ada getaran pada kursi yang ia duduku.

 

“ Awalnya getaran dirasakan sangat kecil, dan saya mengira itu adalah efek dari kendaraan yang lewat karena kantor memang dekat dengan jalur Pantura. Namun lama kelamaan getaran semakin kuat, dan rekan saya beserta 4 orang lainnya yang kebetulan berada dalam satu ruangan juga merasakan hal yang sama,” katanya.

 

Salah seorang diantara mereka kemudian berteriak gempa, sontak semua yang ada dalam ruangan tersebut berhamburan keluar. Setelah berada diluar rumah, Yusuf merasakan gempa semakin melemah dan hilang.

 

Hal senada diungkapkan Nova (24) warga Kelurahan Randugunting yang saat kejadian ia tengah mencuci perabotan dapur. Saat itu dirinya dalam posisi jongkok karena tempat pencuciannya berada di bawah.

 

“ Tiba- tiba saya merasakan sepertinya tanah goyang dan hamper saja saya hilang keseimbangan. Kemudian saya menghampiri anak saya dan keluar rumah. Tetangga sekitar pun turut merasakan,”terangnya.

 

Begitu gempa berhenti, Nova kemudian mengamati kondisi dalam ruangan rumah. Ia melihat ke sangkar burung milik suaminya. Ia melihat pakan burung yang ada didalam sangkar berserakan kelantai demikian juga airnya.

 

Sementara itu, berdasarkan data yang diperoleh dari BMKG, ternyata telah terjadi gempa dengan kekuatan 6,5 SR  pada Sabtu (25/1/2014) pukul 12.14.20 WIB. Pusat gempa berada di 8,48 LS, 109,17 BT(104 Barat Daya Kebumen Jawa Tengah) dengan kedalaman 48 KM. namun belum diketahui apakah berpotensi menimbulkan Tsunami atau tidak (teguh)

Leave A Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.