Digital Media Online

Ketua DPD PDIP Jateng Segera Dipilih

0
Ketua BP Pemilu Pileg dan Pilpres, Puan Maharani
Ketua BP Pemilu Pileg dan Pilpres, Puan Maharani

INFOPANTURA.COM – SOLO – Kandidat Ketua Dewan Pimpinan Daerah (DPD) PDIP Jawa Tengah (Jateng) mengkerucut. Meski belum pasti kapan diumumkan, namun bocoran yang diperolah Dewan Pimpinan Pusat (DPP) telah menetapkan satu kandidat terkuat untuk memimpin PDIP Jateng hingga 2015 mendatang.

Demikian disampaikan Ketua BP Pemilu DPP PDIP, Puan Maharani, dalam jumpa pers, usai menghadiri rapat kerja daerah (Rakerda) partainya, di The Sunan Hotel Solo, Minggu (24/11). Pihaknya, memastikan penetapan Ketua DPD untuk wilayah Jateng segera digedok paling lambat pada pekan depan.

“Usulan nama calon Ketua DPD saat ini sudah diterima oleh Pak Tjahjo Kumolo (Sekjen PDI Perjuangan). Kami akan mengumumkan namanya paling lambat pada Kamis (29/11) atau Jumat (30/11) pekan depan,” terang Puan.

Puan mengatakan, Ketua DPD PDIP terpilih akan menggantikan jabatan Ketua DPD dipegang oleh Pelaksana Harian (Plh) M Prakosa setelah ditinggalkan Ketua DPD sebelumnya, Murdoko yang tersandung kasus korupsi.

“Biar tidak berlarut-larut kekosongan ketua ini, maka kita percepat penetapan Ketua DPD PDIP jateng. Sehingga hadirnya ketua yang baru mampu menciptakan sinergi partai (PDIP) di wilayah Jateng,” kata Puan.

Terkait Pileg 2014 mendatang, Puan mentargetkan perolehan suara secara nasional sebanyak 152 kursi. Bahkan, pihaknya akan menjadikan Jateng sebagai basis utama untuk memperoleh suara terbesar dibanding daerah lainnya.

“Untuk itu kita harus bekerja keras menambah suara di dapil mengingat kini baru mempunyai 95 kursi tingkat nasional,” katanya.

Meski demikian, berkaca pada Pemilihan Gubernur (Pilgub) beberapa waktu lalu dengan kemenangan mutlak. Lanjut Puan, Jateng akan mampu mendulang suara terbesar dengan target 27,02 persen. Sehingga dalam Pilpres tahun depan bisa berkontribusi sebesar 30 persen.

“Kalau angka 27,07 persen terpenuhi kita bisa mengusung Capres (Calon Presiden) dan Cawapres (Calon Wakil Presiden) secara mandiri tanpa koalisi parpol lain,” jelas putri Ketua Umum (Ketum) DPP PDIP, Megawati Soekarnoputri.

Tidak menutup kemungkinan, kata Puan partainya akan membuka koalisi dengan partai politik (parpol) lain dalam Pilpres 2014. Meski demikian, parpol yang ingin berkoalisi harus sejalan dengan partainya.

Selama ini PDIP telah melakukan pembicaraan dengan Ketua Umum Partai Nasdem, Surya Paloh.

“Beberapa waktu lalu Ibu Ketua Umum (Megawati Soekarnoputri) melakukan pembicaraan dengan Pak Surya. Kalau memang sepaham kenapa tidak kita berkoalisi,” paparnya.[Zam]

Leave A Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.