Digital Media Online

Anggota Pramuka Jalani Rute Juang Jendral Sudirman

0 1

rute juang

INFOPANTURA.COM – Wonogiri –  Sejumlah anggota Gerakan Pramuka melakukan  jelajah rute juang Panglima Besar Jendral Sudirman belum lama ini. Kegiatan diikuti anggota tingkat Penegak dan Pandega dari sejumlah Kabupaten/Kota yang ada. Salah satunya Kwarcan Tegal.

Ketua Kwarcab Tegal melalui Humas Kwarcab, Nurhasan mengatakan jelajah rute juang Pangsar Sudirman merupakan wahana pendidikan bela negara dan rasa  nasionalisme bagi anak dan pemuda dalam wadah Gerakan Pramuka khususnya Pramuka Penegak Pandega.

“Bentuk kegiatan jelajah rute Pangsar ini adalah penjelajahan dan semi  survival. Tujuanya sebagai media berkegiatan bersama dan penghayatan perjuangan para pahlawan kemerdekaan,” katanya kemarin

Kegiatan tersebut, lanjut Hasan, juga dimaksudkan untuk memberikan ruang  bagi kaum muda dalam mengaktualisasikan dirinya agar mampu mempunyai sikap mental, kepercayaan diri dan jiwa nasionalisme yang tinggi.

“Ini juga sebagai wujud pendidikan karakter pada kaum muda Pramuka,” tandasnya.

Hasan mengungkapkan sebanyak 10 anggota Pramuka Penegak Pandega dari Kwarcab Tegal mengikuti jelajah rute juang Panglima Besar (Pangsar) Sudirman yang digelar di wilayah Kabupaten Wonogiri. Kegiatan sendiri digelar  Jum’at – Minggu (8-10/11) lalu. Mereka bergabung dengan peserta lain dari Kabupaten/Kota di Jawa Tengah.

Kegiatan yang bertajuk jelajah rute juang ‘Yudha Prawira Kuswa’ itu mengambil rute perjuangan Pangsar Jendral Soedirman di wilayah Wonogiri dengan mengambil start dari Museum Karst di Pracimantoro, Eromoko dan finis di Wonogiri Kota.

” Dalam kegiatan jelajah tersebut, Kwarcab Tegal mengirimkan 1 tim putra dan 1 tim putri yang masing berjumlah 5 orang dari Unsur Dewan Kerja dan anggota Ubaloka”imbuhnya.

Sementara itu, salah seorang anggota Ubaloka Tegal yang menjadi salah satu peserta, Solikhun menuturkan rute yang ditempuh merupakan rute perjuangan yang dilalui panglima besar  Sudirman diwilayah Wonogiri dengan menempuh jarak sekitar 60 km.

“Medannya cukup lumayan, tapi alhamdulilah kita mampu melaluinya hingga finish,” ceritanya

Dia menceritakan, ada pengalaman tersendiri dari kegiatan napak tilas perjuangan tersebut yakni penghayatan nilai kejuangan dari seorang Pangsar  Sudirman kala itu.[teguh@infopantura.com]

Leave A Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.