Digital Media Online

20 Anggota Kokam Tempa Diri di Menwa UMK

0

Azwar AnasINFOPANTURA.COM-KUDUS – Sebanyak 20 personel Kokam Komando Kesiapsiagaan Muhammadiyah (Kokam) SMK Muhammadiyah Jekulo, Kudus dipastikan akan menempa diri mengenai ke-proviost-an di bawah bimbingan Menwa Batalyon 923/Gondo Wingit Universitas Muria Kudus (UMK).

Kegiatan pelatihan ini akan dilaksanakan di Kampus UMK pada Senin–Rabu (14-16/12/2015). ‘’Berbagai materi yang akan disampaikan dalam pelatihan ini antara lain wawasan mengenai ke-provost-an, lalu lintas, patrol dan pengawalan (Patwal), dan Cara Memberikan Instruksi (CMI),’’ ujar Anis Farikhal Istiqomah, salah satu panitia, Sabtu (12/12/2015).

Dia mengemukakan, ini adalah pertama kalinya Menwa UMK diminta mendampingi dan melatih anggota Kokam dari SMK Muhammadiyah Jekulo, Kudus. ‘’Ini kepercayaan yang luar biasa, apalagi yang meminta ini adalah dari pihak sekolah,’’ terangnya Anis ditemani Siti Khuriyah, panitia lain.

Untuk mendampingi anggota Kokam itu, beberapa personel senior Menwa UMK pun telah disiapkan. Mereka terdiri atas Azwar Anas (wakil komandan Menwa), Siti Imroatin (Kepala Sub Urusan Pendidikan dan Pelatihan), Fitri Novia Salmah (Kesekretariatan), Siswoto dan Bagas Setya Nugraha (anggota Provost), serta Intan Ayyun (Komandan Peleton B).

Menwa UMK pun mengaku bangga karena kepercayaan mendampingi Kokam ini, tidak sekadar ruang aktualisasi diri dan berbagi ilmu kepada pelajar. ‘’Melalui pelatihan ini, kami (Menwa UMK-Red) juga bisa menyosialisasikan pentingnya wawasan kebangsaan dan bela Negara kepada para peserta,’’ tuturnya.

Sementara itu, wakil komandan Menwa, Azwar Anas, menyampaikan, selain kegiatan pendampingan dan melatih Kokam ini, pihaknya juga sudah merancang agenda untuk menyosialisasikan wawasan kebangsaan dan bela Negara kepada para pelajar di Kudus.

‘’Ini sudah menjadi program kerja di Menwa. Targetnya Januari 2016 nanti bisa terealisasi. Namun untuk ini kami tidak bisa jalan sendiri. Kami membutuhkan banyak support, baik dari Kesbangpol, Kodim, Polres, Disdikpora, Kemenag, dan tentunya dari pihak kampus,’’ ucapnya. (*)

Leave A Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.