Digital Media Online

Bangun Sinergitas, Polres Tegal Kota Jalin Kerjasama dengan Notaris

0 20

INFOPANTURA.COM  (Tegal) – Untuk mengantisipasi dan meminimalisir persoalan hukum, Pengurus Daerah (Pengda) Ikatan Notaris Indonesia (INI) Kota Tegal melakukan penandatanganan kerjasama dengan jajaran Polres Tegal Kota. Kerjasama ditandatangi Kapolres Tegal Kota AKBP Rita Wulandari dengan Ketua INI Kota Tegal Tatit Januar Habibi dilakukan di ruang Deviacita Mapolres Tegal Kota, Kamis 12 November 2020.

Kapolres Tegal Kota AKBP Rita Wulandari mengatakan tujuan kerjasama membangun sinergitas terutama yang berkaitan dengan masalah pembinaan dan juga penegakan hukum.  

“Agar paham dan profesional sesuai dengan bidangnya. Bicara notaris, yang dikeluarkan produk-produk hukum, tentunya harus saling bersinergi, saling mengontrol dan kerjasama,” kata AKBP Rita Wualndari.

Menurutnya, jika nantinya produk hukum menjadi ranah proses penegakan hokum, maka perlu adanya sosialisasi dan edukasi di lingkungan Polri, terkait tupoksi notaris dan penegakan hokum. Selain itu apabila ada oknum notaris yang menyalahgunakan wewenang, Polri tahu apa yang harus dilakukan sesuai dengan mekanisme.

“Di sinilah perlu adanya sinergitas antara Polri dan Notaris,” tegasnya.

Terkait MoU lanjut Rita, menindaklanjuti yang sudah dilakukan Polda Jawa Tengah dan pengurus INI di tingkat Provinsi Jawa Tengah.

“Di tingkat provinsi juga sudah dilakuikan MoU, Polda dan pengursu INI provinsi,” ujar Rita.

Ketua Pengda INI Kota Tegal, Tatit Januar Habibi menyampaikan, kerjasama untuk membangun sinergitas dan meningkatkan profesionalisme.

“Termasuk ketika ada hambatan ada komunikasi lebih intens. Tujuannya agar masyarakat lebih tahu tugas dan batas kewenangan notaris apa saja. Tentu kami sebagai notaris harus bisa lebih profesional lagi,” pungkasnya

Leave A Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.