Digital Media Online

Dandim 0716/Demak Ajak Saka Wira Kartika Perkokoh Persatuan Dan Kesatuan Bangsa

0

INFOPANTURA.COM – DEMAK – Dalam rangka pengukuhan anggota Saka Wira Kartika, Kodim 0716/Demak , sebanyak 450 orang anggota Saka Wira Kartika yang terdiri dari siswa-siswi SMA/ sederajat melaksanakan kemah dan Upacara Api Unggun (Sabtu 03/11/18) di Alun-alun Simpang Enam jantung kota Kabupaten Demak.

Setelah acara pembukaan, peserta melanjutkan dengan kegiatan tradisi pengambilan bet saka dengan melewati 4 pos kemudian dilanjutkan dengan acara renungan dan pengukuhan anggota Saka Wira Kartika. Acara ditutup dengan upacara api unggun. Minggu (04/11/18)

Dalam amanat Dandim 0716/Demak Letkol Inf Abi Kusnianto saat menjadi Inspektur Upacara Api Unggun mengatakan bahwa Perkemahan Saka Wira Kartika ini, bertujuan untuk membentuk dan membina generasi muda sebagai pemimpin-pemimpin Bangsa dimasa depan, agar mempunyai kepribadian yang kuat, bersemangat, ulet, pantang menyerah, disiplin, inovatif dan pekerja keras demi mendorong kemajuan serta keberhasilan pencapaian cita-cita Bangsa. Disamping itu, agar generasi muda menjadi manusia-manusia yang bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, memiliki kepribadian yang tangguh, terampil dan berpengetahuan, sehat dan kuat jasmani serta memiliki kesetiakawanan yang tinggi.

Melalui kegiatan perkemahan ini, marilah kita gelorakan semangat perjuangan para pendahulu kita, perjuangan dimasa sekarang bukan lagi perjuangan fisik seperti dimasa lalu, tetapi perjuangan untuk membangun Bangsa dan Negara Kesatuan Republik Indonesia.

Kita harus sadar bahwa kemerdekaan yang kita peroleh ini, diperjuangkan dengan tetesan darah dan air mata. Sebagai generasi penerus, segenap anggota pramuka bersama-sama seluruh komponen bangsa di tanah air, berkewajiban untuk mengisi kemerdekaan dengan kegiatan-kegiatan yang kontruktif dan bermanfaat.

Mengakhiri sambutanyanya, Dandim 0716/Demak Letkol Abi Kusnianto menyampaikan beberapa pesan kepada anggota Pramuka yakni, tingkatkan intensitas dan kualitas gerakan Pramuka sebagai wadah pembentukan karakter bangsa generasi muda, gerakan pramuka hendaknya menjadi gerakan pelopor dalam membudayakan diri, senang bekerja keras serta cerdas dan ikhlas, ajak kaum muda untuk meningkatkan semangat Bela Negara, mantapkan tekad kaum muda sebagai patriot pembangunan, kokohkan persatuan dan kesatuan Bangsa dan Negara Kesatuan Republik Indinesia dan amalkan Satya dan Dharma Pramuka. (pendim 0716/Demak)

Leave A Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.