Digital Media Online

Mantan Wali Kota Tegal, Terbitkan Kitab Terjemahan Alquran Nahwu Shorof Indo-Pegon

0 23

INFOPANTURA.Com (TEGAL) – Wali Kota Tegal periode 2009-2014 Ikmal Jaya, meski masih di dalam penjara, namun kreatifitasnya tak pernah berhenti.  Terbukti ia bersama dua temannya menerbitkan kitab terjemahan  Alquran nahwu shorof Indo-Pegon yang ia susun selama menjalani  hukuman.

Kitab karya Ikmal Jaya itu diluncurkan di Pusat Kegiatan Belajar Mengajar (PKBM) Sakila Kerti di Kelurahan Panggung, Kecamatan Tegal Timur, Kota Tegal, Sabtu 12 Desember 2020. Tanpa dihadiri Ikmal Jaya, karena masih di dalam penjara.

Pengelola Pusat Kegiatan Belajar dan Mengajar (PKBM) Sakila Kerti Dr  Yusqon mengatakan, kitab itu nantinya akan menambah koleksi buku bacaan di taman bacaan masyarakat (TBM) di wilayah Kelurahan Panggung.

“Kami diberi amanat dari istinya, Ibu Rosalina. Buku ini akan diserahkan ke rumah baca-rumah baca,” kata Yusqon, didampingi Budayawan Tegal Atmo Tan Sidik, dan Lurah Panggung Amin Suseno usai peluncuran.

Yusqon mengatakan, Ikmal selama menjabat waki kota memang konsen dengan program Tegal Cerdas sebagai upaya menggaungkan budaya literasi dalam pemberantasan buta aksara.

“Tahun 2011, wali kota Ikmal yang mencanangkan Tegal Cerdas dan sempat meresmikan TBM di terminal bus,” ujar Yusqon.

Sementara itu, dalam kata pengantar kitab oleh Tim Penyusun, Ikmal Jaya, Yahya Fuad, dan Wahyudi Heru, dijelaskan, kitab tersebut memuat tafsir per kata.

Dengan dilengkapi kedudukan irob (kalimat nahwu)  di masing-masing kata dan menggunakan penulisan ala Indo Pegon. Yaitu bahasa Indonesia yang ditulis dengan huruf arab.

Kitab tersebut diharapkan bisa mempermudah pembacanya dalam belajar dan mempraktekkan ilmu nahwu shorof secara detail. Sekaligus mengkaji bahasa Alquran untuk memahami maknanya secara lebih mendalam.

Budayawan Atmo Tan Sidik yang ikut launching buku tersebut mengaku mengapresiasi Ikmal Jaya yang telah terlibat dalam penyusunan kitab nahwu Indo-Pegon. “Setiap orang punya hak untuk husnul khatimah dan menjadi lebih baik. Terlepas dari apapun kasusnya. Dan Pak Ikmal ini melalui karya,” katanya.

Leave A Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.