Digital Media Online

Sebuah Mortir 81 Ditemukan Warga Desa Galuh Timur Tonjong Brebes

0

IMG-20160219-WA0000

INFOPANTURA.COM-BREBES-Warga desa Galuh Timur Kec. Tonjong Kab. Brebes menemukan temukan benda yang diduga Mortir 81 peninggalan jaman Jepang di sungai Kalisat  Dukuh Makamdawa Desa Galuh Timur. Kamis (18/02/2016).

Penemuan Mortir 81 yang diduga masih aktif tersebut bermula saat Romy (34 tahun) warga desa Galuh Timur tersebut sedang memancing ikan di sungai Kalisat  Dukuh Makamdawa Desa Galuh Timur. Saat menyusuri sungai untuk memancing, Sdr. Romy melihat benda yang menyerupai Mortir tertimbun tanah dengan posisi kepala Mortir terlihat menonjol kepermukaan tanah. Mortir tersebut kemudian digali dan dibawa pulang untuk diamankan dengan disimpan dipekarangan dan penemuan Mortir 81 tersebut kemudian sdr. Romy melapor kepada kepala desa Galuh Timur

Atas laporan dari warga tersebut, Kepala desa Galuh Timur melaporkan penemuan Mortir 81 kepada Koramil 09/Tonjong dan segera ditindak lanjuti oleh Babinsa Koramil 09/Tonjong dengan mendatangi lokasi untuk mengecek penemuan Mortir 81 tersebut. Setelah dilakukan pengecekan secara teliti terhadap benda tersebut dan memang benar bahwa benda tersebut adalah Mortir 81 yang dimungkinkan peninggalan pada jaman Jepang.

Untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan, Mortir tersebut dibawa ke Koramil 09/Tonjong kemudian akan dibawa ke Kodim 0713/Brebes untuk dilaksanakan pemeriksaan dan pengamanan oleh tim dari Paldam IV/Diponegoro.  (Kodim 0713/Brebes).

Leave A Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.