Digital Media Online

36 Siswa SMK N 1 Bulakamba, Lolos Seleksi Kerja Ke Jepang

0

seleksi kerja2

INFOPANTURA.COM-BREBES-Sebanyak 36 siswa SMK N 1 Bulakamba, berhasil lolos seleksi kerja ke Jepang, Mereka terdiri dari 26 siswa berasal dari program keahlian Nautika dan 10 siswa berasal dari program keahlian Agronomi Tanaman Pangan dan Hortikultura. Ketiga puluh enam siswa tersebut, dinyatakan lulus setelah melalui serangkaian tahapan seleksi yang digelar di aula sekolah setempat.

“Ada 26 siswa yang berhasil lolos, 15 anak mendapatkan nilai A dan 11 anak mendapatkan nilai kategori B dari 30 peserta,” ungkap Penguji dari Tee Kay Corporation Japan Mr Nobuhiro Machida dalam bahasa Jepang, yang diterjemahkan Haerul Anam dari PT Semesta Indah Indonesia, di sela seleksi, Sabtu (30/1/16).

Sedang 4 siswa dinyatakan tidak lolos karena kendala tinggi badan dan masalah kesehatan.

Para peserta, kata Nobuhiro, harus memenuhi nilai minimal dari unsure tinggi badan, buta warna, jarak pandang, cek fisik lengkap, angkat barbel, spit jam, dan Wawancara.

Siswa yang dinyatakan lulus seleksi ini sebelum berangkat ke Jepang akan mendapatkan pelatihan bahasa Jepang dan Budaya Jepang disamping mengikuti tahapan Medical Check Up berikutnya.

Mereka, akan bekerja di Kapal Penangkap Ikan Jepang dalam group Kapal Skip Jack, Tuna Longline, Purse Seine, Trawl, Kapal Cumu dan group kapal yang lain. “SMKN 1 Bulakamba sudah bekerja sama dengan kami sejak tahun 2007. Dan kami sangat puas dengan anak-anak dari Indonesia, dari SMK N 1 Bulakamba,” ungkap Nobuhiro dengan bangga.

Kepala SMK N 1 Bulakamba Slamet Riyadi MPd menambahkan, disamping kerjasama dengan Tee Kay Corporation Japan juga dengan perusahaan lain asal Jepang. Antara lain bekerja sama dengan PT Japan Indonesian Economic Center (PT JIAEC) yang berkedudukan di Kota Depok. PT JIAEC membuka peluang bagi siswa program agronomi (Pertanian) untuk bekerja di Jepang.

Meski kerjasama dengan PT JIAEC baru dimulai tahun 2015, namun sudah langsung mengakan seleksi beberapa bulan yang lalu. Dari 18 siswa SMKN 1 Bulakamba program keahlian Agronomi Tanaman Pangan dan Hortikultura yang ikut seleksi, 10 orang dinyatakan lulus bekerja di Jepang.

Prestasi ini, menurut Slamet, merupakan prestasi awal bagi pemberangkatan tenaga kerja program keahlian Agronomi SMKN 1 Bulakamba ke Jepang. Dia berharap, mudah mudahan tahun mendatang tidak hanya program keahlian Nautica dan agronomi saja, tetapi program keahlian Teknik Kendaraan Ringan, Teknik Sepeda Motor, Teknik Audio Video, dan Teknik Instalasi Pemanfaatan Tenaga Listrik SMKN 1 Bulakamba bisa seleksi bekerja ke Jepang juga.

Dalam kesempatan tersebut, PT Semesta Indah Indonesia Tangerang yang berada dibawah naungan langsung Tee Kay Corporation Japan, juga menggelar sosialisasi bagi siswa kelas X dan kelas XI serta orang tua siswa kelas XII.

Kegiatan sosialisasi dan seleksi ini dilakukan dengan tujuan untuk memperkenalkan program praktek bagi pekerja muda dari berbagai Negara termasuk Indonesia untuk dapat memperoleh pengetahuan dan ketrampilan di Industri Jepang.

Kontrak kerja program ke Jepang ini dilakukan selama 3 tahun, dan menurut Revisi Hukum Pengaturan Keimigrasian Jepang tahun 2016 direncanakan akan diperpanjang menjadi 5 tahun. Diharapkan setelah kembali ke Indonesia, bekal pengetahuan dan ketrampilan yang telah dikuasai dan diperoleh dapat berguna bagi pengembangan perekonomian peserta dengan pengembangan perekomian dan industry melalui pengalihan teknologi Jepang. “Mudah-mudahan langkah ini bisa menjawab tantangan MEA,” tegas Slamet.

Selain mengikuti seleksi bekerja ke luar negeri, siswa kelas XII yang berjumlah 349 tengah melaksanakan seleksi di Industri dalam negeri untuk bekerja di Astra Honda Motor, Teknisi Nasmoco, Teknisi Astra Honda, Astra Daihatsu Motor, Autoparts Toyota, Toyocil dan lain lain. (wasdiun)

Leave A Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.