Digital Media Online

launching Puskesmas Ramah Anak

0 34

1

INFOPANTURA.COM-BREBES – Launching puskesmas dengan pelayanan ramah anak di Kabupaten Brebes dibuka oleh Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Brebes dr. H. Sri Gunadi Parwoko, M. Kes. Puskesmas dengan pelayanan ramah anak bertujuan untuk memberikan perlindungan kepada anak yaitu dengan non diskriminasi, pelayanan yang terbaik, hak untuk hidup kepada anak, perkembangan dan penghargaan yang diberikan kepada anak. Kamis (10/12).

Adanya sarana dan prasarana yang diberikan untuk anak, seperti ruang tunggu yang dipisahkan dengan orang dewasa yaitu ruang tunggu dengan model tempat bermain. Selain itu juga adanya kawasan tanpa rokok di lingkungan kesehatan Kabupaten Brebes dan 37 puskesmas lainnya.

Bupati Brebes melalui sambutannya mengatakan bahwa pada 17 kecamatan yaitu 38 puskesmas yang ada di Kabupaten Brebes akan menuju puskesmas ramah anak. Puskesmas dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat harus maksimal.

Ibu hamil atau ibu melahirkan harus mendapatkan pelayanan yang lebih baik. Suasana yang lebih baik seperti suasana yang berbeda dan menarik ketika anak-anak diajak oleh orang tua untuk berobat atau anak tersebut sedang menunggu antrian ketika akan berobat. Seperti disediakannya tempat bermain untuk anak-anak, disediakannya ruangan untuk menyusui.

Selain itu dalam sambutannya juga dikatakan selain launching puskesmas dengan pelayanan ramah anak pada 38 puskesmas, juga adanya peresmian gedung pelayanan dalam persalinan. Puskesmas yang tidak menerima rawat inap, namun bisa menerima persalinan. Hal ini merupakan sebuah peningkatan yang ada pada pelayanan di puskesmas. Perawatan dalam menangani bayi yang memiliki gizi buruk juga akan dilayani dengan lebih baik lagi. Bayi yang memiliki gizi buruk harus mendapatkan asupan dan terapi dari pemkab Brebes melalui puskesmas-puskesmas. Diharapkan untuk kedepannya sumber daya manusia yang ada di Kabupaten Brebes akan menjadi lebih baik dan berkualitas. (ND)

 

Leave A Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.