Digital Media Online

Bule Mulang di SMA N 2 Brebes

0

bule mulang 1

INFOPANTURA.COM-BREBES-Seorang bule ganteng tiba-tiba memasuki ruangan kelas X IPA 4 SMA Negeri 2 Brebes. Sontak saja, seluruh isi kelas heboh dan langsung beramai-ramai menyalaminya, meskipun mereka tidak tahu apa yang bakal diberbuat Si Bule itu. Rasa penasaran membuncah dari pikiran para siswa, setelah diberi pengertian kalau tamu Bule itu diberi kesempatan pihak sekolah untuk mulang di Sekolah Favorite di Kota Bawang tersebut.

“Sory, Good morning, my name is Phillips from Germany,” ujar Phillips mengawali perkenalan dengan para siswa kelas X IPA 4 SMA N 2 Brebes, Sabtu (28/11).

“Saya, mau kasih pengertian tentang diri saya dan negara saya,” lanjut Phillips dalam bahasa Indonesia yang terbata-bata.

Selanjutnya, Phillips menggunakan bahasa Inggris. Anak-anak bisa menangkap apa yang disampaikannya karena mereka juga sudah mendapatkan pelajaran English di kelasnya.

Namun untuk memperjelas keterangan Phillips, guru Bahasa Inggris Agus Windarto dan Eka menerjemahkannya sekali-kali.

Phillips yang merupakan volunteer (relawan) Indonesian International World Camp (IIWC) ini mengajar tentang Kebudayaan Germany selama lebih kurang dua jam pelajaran. Dia menerangkan satu per satu tentang grammer, struktur kata benda, kata kerja, dan percakapan.

Kehidupan masyarakat Germany, katanya, tidak jauh dengan Indonesia meskipun Germany banyak menggunakan teknologi dan industry.

Dia melihat, semangat belajar masyarakat Indonesia khususnya Brebes sangat tinggi. Pun bila ingin belajar ke Germany, banyak tawaran beasiswa yang bisa didapatkan. ”Pada dasarnya, pendidikan di Indonesia dan Germany banyak kesamaan. Kuliah di Germany hanya ditempuh dalam waktu 6 semester tidak seperti di sini yang mencapai 8 semester,” ucap Phillips.

Menurut dia, Indonesia sangat elok, subur dan makmur. Bahkan Bali menjadi destinasi wisata International. Phillips memberikan tips bagaimana supaya bisa bergaul dengan orang asing dengan menggunakan bahasa Inggris. “Anak-anak tentu sering pergi ke Bali kalau study tour, jangan canggung untuk minta foto atau berkenalan dengan orang asing. Karena touris juga pengin kenalan dengan penduduk pribumi,” tuturnya.

Phillips mengaku, sebelum ke Brebes mempelajari dulu daerah Brebes lewat internet sehingga mengetahui banyak tentang komoditas Brebes berupa telor asin dan bawang merah. “Pantai Randusanga and Ranto Canyon, indah sekali ya?” tanya Phillips pada para siswa.

Usai mengajar di kelas X IPA 4 lalu berpindah ke kelas X IPA 1. Selanjutnya agar lebih banyak dikenal oleh para siswa kemudian Phillips digiring ke Aula SMA N 2 Brebes untuk berdialog dengan ratusan siswa yang sudah lama menanti.
Di Aula, Phillips berdialog dengan para siswa menanamkan pentingnya kecintaan terhadap guru, orang tua, bangsa dan Negara. Termasuk kecintaan terhadap hobby untuk digeluti secara matang, tidak setengah-setengah.

Oktavian Yoda dari kelas XII IPA 2 bertanya kepada Phillips, kenapa Germany sampai 4 kali menggondol Piala Dunia?

Jawab Phillips, karena masyarakat Germany gemar bermain bola secara serius. Dan sepak bola dijadikan arena bisnis besar yang kesemuanya mendukung secara penuh, dari pemerintah maupun pelaku industry.

Kepala SMA N 2 Brebes Sadimin MEng menjelaskan, didatangkannya turis asing untuk mengisi pembelajaran, di kandung maksud untuk menyemangati belajar siswa. Orang asing saja bisa berkunjung ke Indonesia masa orang Indonesia tidak bisa wisata ke luar negri atau bekerja di luar negeri?

Kunci utamanya, kata Sadimin, tiada lain bekal ilmu yang tinggi, capak berbahasa Internasional terutama inggris. “Di sekolah, ada English Club yang khusus membekali para siswa berbahasa inggris secara aktif,” terangnya. (wasdiun)

Leave A Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.